Ulcok, Si "Kalkulator Berjalan" Dikeluarkan dari Sekolah Setelah Sebut Gurunya Bodoh

19 Februari 2016
20:22:40 WIB

  Ruslan Yusuf (26) alias Ullang Cokmo (Ulcok) yang digelar sebagai kalkulator berjalan dari Kota Makassar.

KOMPAS.com —Meski tidak tamat sekolah dasar, Ruslan Yusuf (26) alias Ullang Cokmo atau Ulcok tidak kehilangan kemampuan dalam berhitung cepat. Pemuda yang dijuluki "Kalkulator Berjalan" dari Kota Makassar, Sulawesi Selatan, itu putus sekolah setelah dikeluarkan oleh gurunya.
Saat ditemui di rumah mungilnya di Jalan Butta-butta Caddi 10 C, Kelurahan Kaluku Bodoa, Kecamatan Tallo, Makassar, Rabu (17/2/2016), Ulcok menceritakan kisahnya hingga berhenti sekolah saat duduk di bangku kelas III SD.
"Saya dikasih keluar karena bilang guru saya bodoh dan stupid. Masa itu terus diajarkan 6 x 6, tidak pernah berubah-ubah mata pelajarannya," kata Ulcok sambil tertawa.
Selama bersekolah dulu, Ulcok mengaku sering mendapat ranking bagus. Teman-temannya menyebut dia si genius.
Ulcok juga kerap mendapat upah dari teman-temannya karena membantu mengerjakan tugas-tugas sekolah mereka, terutama mata pelajaran berhitung.
"Saya pintar berhitung dari dulu. Jadi, kalau saya berhitung, soal perkalian, pengurangan, pembagian, dan penambahan sampai puluhan langsung terselesaikan di otak," kata penggemar batu akik tersebut.
"Jadi, ketika orang berhenti menyebut soal hitungan, saya bisa langsung jawab. Saya bisa selesaikan sampai jutaan," kata dia.

Saat ditanya mengapa tidak mau melanjutkan sekolahnya, Ulcok mengatakan tidak mau mendapat masalah yang sama dengan gurunya.
"Banyak yang mau sekolahkan saya dulu, tetapi saya tidak mau. Saya pikir, kalau sekolah juga mau kerja di mana.

 Karena kemampuannya berhitung rumit, mulai dari penambahan, pengurangan, perkalian, hingga pembagian, Ruslan Yusuf (26) alias Ullang Commok (Ulcok) dikenal sebagai "kalkulator berjalan".
Kemampuan Ulcok berhitung rumit ditunjukkannya di hadapan doktor Matematika dari Universitas Negeri Makassar Dr Asdar dan seorang tentor program pendidikan JILC di kantor Redaksi Tribun Timur di Makassar, Selasa (16/2/2016).
Penggemar batu akik tersebut juga bertutur, selain mampu berhitung rumit nan cepat, dia juga sudah bisa membaca sebelum masuk SD pada sekitar tahun 1995. Padahal, saat itu, Ulcok tidak pernah sekolah di taman kanak-kanak (TK).
Kemampuan Ulcok itu hanya didapatkan melalui otodidak.
Ulcok memiliki daya ingat yang luar biasa. Anda boleh percaya atau tidak, dia mampu mengingat semua nama teman kelas di SD, hari, jam, menit, lahir, dan semua hari ulang tahun saudaranya.
Dia juga langsung hafal seluruh isi Al Quran hanya dengan mendengarnya sebanyak tiga kali.
Ulcok juga bisa membaca tulisan latin dengan posisi terbalik. Bukan sekadar bahasa Indonesia, bahasa Inggris juga bisa dibacanya. Kemampuannya ini ditunjukkan di depan Wakil Ketua Komisi Yudisial (KY) Republik Indonesia Farid Wajdi, yang tengah berkunjung ke Redaksi Tribun Timur, Makassar.
Farid mengaku kagum melihat kemampuan yang dimiliki Ulcok.
Doyan kecap
Ulcok mengaku tidak ada hal yang istimewa dalam kesehariannya sehingga mampu berhitung rumit. Ketika ditanya makanan favoritnya, dia menyebutkan kecap.
Saat kemampuan berhitungnya diuji di kantor Tribun Timur, Jl Cenderawasih Nomor 430, Makassar, Selasa (16/2/2016), Ulcok bahkan meminta kecap.
"Mana kecapku, Om, katanya tadi saya mau dikasih," kata Ulcok dengan polos di hadapan jurnalis Tribun dan dosen yang mengujinya.
"Saya suka sekali makan pakai kecap, Om," ungkapnya.
Ulcok membuat warga Makassar berdecak kagum lantaran video aksinya berhitung rumit tanpa alat bantu menjadi viral di dunia maya.

Video Terkait:

Share



0 Komentar

    Form Komentar

    Tag Cloud

    Agenda

    ' Outbond Al Qolam Outbond adalah sebuah kegiatan yang dilakukan oleh ...'

    ' Kepada handaitaulan bapak, ibu ananda pelajar sukses di lampung. bersama ...'

    ' TANGGAL-TANGGAL PENTING. www.alqolammetro.com 1. Pengumuman UN ...'

    Artikel Terpopuler

    STAN ITU? Kemacetan Di Gerbang Depan
    Jadilah Seperti PENSIL Seorang anak bertanya kepada

    Berita Terpopuler

    14 Kuliah Jurusan Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Perguruan
    USM PKN STAN?     Banyak yang bertanya

    Video Terpopuler

    Penerimaan Mahasiswa Baru ITERA TA 2016/2017 Dalam menyambut tahun
      Ruslan Yusuf (26) alias Ullang Cokmo (Ulcok) yang digelar

    Facebook Fanpage

    Banner

    Statistik Pengunjung
    Pengunjung hari ini : 48
    Total pengunjung : 33300
    Hits hari ini : 427
    Total Hits : 211806
    Pengunjung Online : 3