PRODI KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DI PTN

07 Mei 2016
01:11:22 WIB

14 Kuliah Jurusan Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Perguruan Tinggi Negeri

 

Kini semakin banyak Perguruan Tinggi Negeri yang sudah memiliki program studi Keselamatan Kesehatan Kerja atau sejenisnya. Hal ini sangat wajar mengingat permintaan yang tinggi dari dunia kerja. Permintaan tersebut muncul karena masih tingginya angka kecelakaan di Indonesia, meningkatnya kesadaran dari pelaku bisnis tentang pentingnya K3 serta munculnya kebutuhan untuk memenuhi persyaratan keselamatan kesehatan kerja baik dari pemerintah atau dari klien.

Berikut adalah daftar 14 Program Studi Keselamatan Kesehatan Kerja di Perguruan Tinggi Negeri khusus Pulau Jawa:

1.                  S1 Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK), Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta

Studi S1 Keselamatan dan Kesehatan Kerja Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta ini termasuk dalam Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK). Kuliahnya bertempat di Jl. Ir. H. Juanda No.95 Ciputat 15412. Berdasarkan Keputusan BAN-PT No.192/SK/BAN-PT/Ak-XVI/8/IX/2013, Program Studi Sarjana Kesehatan Masyarakat ini sudah mendapatkan akreditasi B.

Program Studi Kesehatan Masyarakat bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang mampu dalam mengintegrasikan ilmu kesehatan dengan keislaman untuk memenuhi kebutuhan sarjana kesehatan yang Islami yang bersedia bekerja di seluruh pelosok tanah air. Gelar akademik yang diperoleh adalah Sarjana Kesehatan Masyarakat (SKM).

2.                  S1 Teknik Keselamatan dan Proteksi Kebakaran, Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

Universitas Negeri Jakarta (UNJ) bekerja sama dengan Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk membuka program studi (prodi) baru yakni program S-1 Teknik Keselamatan dan Proteksi Kebakaran mulai tahun 2011/2012. Kerja sama tersebut tertuang dalam nota kesepakatan nomor 47/H39/DT/2011 dan 4195/-072. Studi ini telah mendapatkan 37 Mahasiswa dalam tahun pertamanya. Prodi ini masuk dalam jurusan Teknik Mesin.

3.                  S1 Keselamatan Kerja, Program Studi Ilmu Kesehatan Masyrakat, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPN Jakarta)

UPN Jakarta telah menjadi Perguruan Tinggi Negeri sejak tahun 2014 lalu. UPN memiliki Fakultas Ilmu Kesehatan yang salah satu programnya adalah S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat. Program ini telah memiliki akreditasi B dari pemerintah di tahun 2013. Dalam S1 Kesmas, terdapat peminatan Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

4.                  S1 & S2 Program Studi Keselamatan dan Kesehatan Kerja Universitas Indonesia (UI)

Tingginya kebutuhan akan lulusan K3 untuk menunjang pelaksanaan K3 di tempat kerja serta berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdampak pada kondisi tempat kerja yang dinamis, maka Departemen K3 mengembangkan keilmuan K3. Lima bidang keilmuan K3 yang dikembangkan di Departemen K3 FKM UI yang bersifat multidisiplin adalah sebagai berikut:

Kesehatan Kerja (Occupational health)

Keselamatan Kerja (Occupational safety)

Ergonomi (ergonomic)

Higiene Industri (Industrial Hygiene)

Faktor manusia dan perilaku dalam K3 (Human Factor and behavior in OHS)

Departemen K3 FKM UI mengelola Program Sarjana Kesehatan Masyarakat peminatan K3 (regular dan ekstensi) dan Program Studi Magister K3. Hasil akreditasi BAN PT untuk PS Magister K3 adalah A. Begitupula hasil akreditasi untuk Program Sarjana Ilmu Kesehatan Masyarakat yang sebelumnya ada peminatan K3 adalah A. Mulai Tahun 2015, Universitas Indonesia telah membuka program studi S1 Keselamatan Kesehatan Kerja

5.                  Program Magister (S2) Teknik dan Manajemen Keselamatan Kebakaran (Fire Safety Engineering and Management), Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FT-UI)

Program studi ini lebih spesifik yakni mengkhusukan pada teknik keselamatan kebakaran. Pendirian program studi ini dilatarbelakangi oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan semakin meningkatnya kesadaran akan keselamatan terhadap kebakaran dan dampaknya, kebutuhan akan sumber daya yang memiliki keahlian khusus dan kompetensi yang mampu memanfaatkan, mengelola dan mengembangkan teknologi yang berhubungan dengan keselamatan kebakaran.

Oleh karena itu, Departemen Teknik Mesin melalui Program Magister Teknik (S2) bidang Teknik dan Manajemen Keselamatan Kebakaran (Fire Safety Engineering and Management) mempersiapkan lulusan yang memiliki kompetensi dan mampu menghadapi perkembangan dibidang Teknologi dan Manajemen Keselamatan Kebakaran secara khusus baik dalam lingkup masyarakat maupun industri.

6.                  S2 Keselamatan Kesehatan Lingkungan. Program Studi Teknik Lingkungan. Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan Institut Teknologi Bandung (FTSL ITB)

Jalur Keselamatan dan Kesehatan Lingkungan (KKL) diharapkan memiliki kompetensi spesidik

yaitu dapat mengidentifikasi, menganalisis, mengevaluasi kondisi kesehatan dan keselamatan lingkungan (termasuk lingkungan kerja), serta merencanakan, meningkatkan dan memantau pengelolaan lingkungan.

Latar belakang yang bisa menempuh jalur ini adalah latar belakang pendidikan sarjana bidang sains, rekayasa/keteknikan, dan kesehatan masyarakat. Program ini selain telah mendapatkan akreditasi dari BAN PT, juga telah mendapatkan akreditasi dari Accreditation Board for Engineering and Technology (ABET) Amerika Serikat

7.                  S1 Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Program studi Ilmu Kesehatan Masyarakat. Fakultas Kesehatan Masyrakat Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED)

Bagian K3 menyelenggarakan proses pendidikan dalam bidang keselamatan dan kesehatan kerja. Pendidikan S1 Kesehatan Masyarakat dengan minat K3 dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan ahli K3 di berbagai sektor pekerjaan.

Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja UNSOED merupakan bagian dari Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kedokteran dan Ilmu-ilmu Kesehatan. Program S1 Kesehatan Masyrakat sendiri telah memiliki akreditasi B dari BAN PT.

8.                  S1 Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Diponegoro

Keberadaan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro berawal dari terbitnya Surat Keputusan Rektor Universitas Diponegoro No.01/SK/PT.09/1985 tanggal 4 Januari 1985 tentang berdirinya Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (PSKM-FK UNDIP). Dalam pengembangannya menjadi fakultas, PSKM FK-UNDIP mendapatkan bantuan dana dari proyek pengembangan FKM se-Indonesia yang merupakan proyek kerja sama antara Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dengan USAID.

Setelah semua persyaratan berdirinya sebuah fakultas dipenuhi, maka pada tanggal 21 November 1993 keluarlah surat keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 0369/O/1993 tentang berdirinya Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Diponegoro. Sejak itu Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro secara resmi menjadi fakultas sendiri.

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro telah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT dan ISO 9001:2008.

9.                  Program Studi D4 Kesehatan Keselamatan Kerja, Fakultas Kedokteran, Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS)

Program Studi D-IV Kesehatan Kerja Fakultas Kedokteran UNS  didirikan pada tanggal 24 Juni 2005 yang merupakan satu-satunya dan baru pertama kali di Indonesia. Penyelenggaraan bidang ini dimaksudkan untuk menyediakan lulusan berkeahlian bidang kesehatan kerja yang terampil dari proses, perencanaan, dan manajerial. Program ini diselenggarakan berdasarkan Surat Keputusan Direktur Pendidikan Tinggi yang direkomendasi Departemen Kesehatan cq. Pusat Kesehatan Kerja.

Program ini telah mendapatkan Akreditasi B dari BAN PT hingga 2018.

10.              Program Studi S2 Ilmu Kesehatan Kerja, Fakultas Kedokteran, Universitas Gajah Mada (UGM)

Program Studi S2 Ilmu Kesehatan Kerja Program Pascasarjana Fakultas Kedokteran UGM bertekad menjadi lembaga pendidikan, penelitian dan penerapan ilmu kesehatan kerja dan kedokteran industri, yang tidak hanya bertaraf nasional tetapi juga internasional bagi akademisi, memiliki tenaga profesional dalam bidang ilmu kesehatan kerja dan kedokteran industri dalam upaya mencegah terjadinya penyakit baik penyakit akibat kerja maupun penyakit-penyakit akibat lingkungan kerja yang tidak sehat.

Program ini telah mendapatkan akreditas C dari BAN PT dan berlaku hingga 2017.

11.              Program Magister (S2) Rekayasa Keselamatan Industri (MRKI), Jurusan Teknik Fisika, Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (FT-UGM)

Program Magister Rekayasa Keselamatan Industri (MRKI) ini merupakan program yang dikelola oleh Program Pascasarjana Universitas Gadjah Mada dan diselenggarakan bersama dengan Jurusan Teknik Fisika Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada. Program ini memberikan gelar Magister Teknologi (MT).

Materi program MRKI mencakup teori dan aplikasi rekayasa keselamatan industri dari pandangan keteknikan, dipadu dengan permasalahan sosial-lingkungan-budaya, serta ekonomi manajemen. Keseluruhan materi dijabarkan ke dalam beberapa matakuliah, masing-masing matakuliah mengandung aspek teknik (fenomena fisik dan teknologi rekayasa keselamatan) serta aspek non teknik (ekonomi, kelembagaan dan manajemen).

Program studi ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan setingkat magister dengan kemampuan di bidang rekayasa keselamatan yang diperlukan dalam berbagai instalasi industri yang kompleks dan berpotensi bahaya tinggi seperti dalam industri kimia, industri transportasi, industri energi, dan industri nuklir.

Nama program studi ini menggunakan nama istilah ‘rekayasa’ dan bukan ‘teknik’, karena sebenarnya istilah ‘engineering’ dalam Bahasa Indonesia memang lebih tepat diterjemahkan sebagai “rekayasa’.

12.              S1 Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang (UNNES)

Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat  merupakan salah satu prodi yang ada di Fakultas Ilmu Keolahragaan. Program Studi ini menyelenggarakan pendidikan dengan tujuan menghasilkan lulusan ahli kesehatan masyarakat dengan kualifikasi Sarjana Kesehatan Masyarakat (S1) yang unggul, profesional, terampil, dan peka terhadap kelestarian lingkungan sosial-budaya. Dalam mencetak Sarjana Kesehatan Masyarakat, prodi ini mempunyai 4 peminatan/ konsentrasi keahlian yaitu epidemiologi, gizi kesehatan masyarakat, kesehatan lingkungan dan kesehatan kerja, serta promosi kesehatan

Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat sendiri telah mendapatkan akreditasi B berdasarkan Surat keputusan BAN PT Nomor 026/BAN-PT/Ak-XII/S1/IX/2009.

13.              Program Studi D4- Teknik Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya

Di tahun 2003, kerja sama antara Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya ITS dengan Depnakertrans RI menghasilkan sebuah program pendidikan formal, yaitu Program Studi Teknik Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Safety Engineering) dengan jenjang studi D4 atau setara S1 dengan gelar lulusan sebagai Sarjana Sains Terapan (S.ST) dan juga berhak mendapatkan Sertifikat Ahli K3 Umum melalui uji kompetensi.

Saat itu Program Studi Teknik K3 ini menjadi yang pertama dan satu-satunya Program Studi Vokasi Bidang Teknik Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Safety Engineering) yang ada di Indonesia. Pendirian Program Studi ini dikukuhkan dengan surat keputusan Dirjen DIKTI, yaitu: SK No. 475/D/T/2003, dan ijin penyelenggaraan Program Studi K3 Jenjang D4 tanggal 13 Maret 2003.

Program Studi Teknik K3 merupakan salah satu program studi favorit di Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya dilihat dari sisi peminatan mahasiswa ataupun kebutuhan lulusan di pasar kerja. Program ini mengalami peningkatan peminat dari tahun ke tahun. Program Studi Teknik K3 telah memperoleh akreditasi A dari Badan Akreditasi nasional (BAN-PT) dengan No.004/BAN-PT/Ak-VII/Dpl-IV/VII/2010 ,tanggal 9 Juli 2010.

14.              Program Studi D3 Hiperkes dan Keselamatan Kerja serta S1 Keselamatan dan Kesehatan Kerja Program Studi Ilmu Kesehatan Masyrakat Fakultas Kesehatan Masyrakat Universitas Airlangga (UNAIR)

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga (FKM Unair) merupakan salah satu pelopor berdirinya FKM di Indonesia. Fakultas ini memiliki 2 studi terkait dengan keselamatan kerja yaitu D3 Hiperkes Keselamatan Kerja yang telah memiliki akreditasi A dari BAN PT serta S1 Keselamatan Kerja Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyrakat yang juga telah mendapatkan akreditasi A.

Share



0 Komentar

    Form Komentar

    Tag Cloud

    Agenda

    ' TANGGAL-TANGGAL PENTING. www.alqolammetro.com 1. Pengumuman UN ...'

    ' SUPER TRAMP FOR STUDENT Dalam dunia pendidikan terutama dalam kegiatan ...'

    ' Outbond Al Qolam Outbond adalah sebuah kegiatan yang dilakukan oleh ...'

    Artikel Terpopuler

    STAN ITU? Kemacetan Di Gerbang Depan
    Jadilah Seperti PENSIL Seorang anak bertanya kepada

    Berita Terpopuler

    14 Kuliah Jurusan Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Perguruan
    USM PKN STAN?     Banyak yang bertanya

    Video Terpopuler

    Penerimaan Mahasiswa Baru ITERA TA 2016/2017 Dalam menyambut tahun
      Ruslan Yusuf (26) alias Ullang Cokmo (Ulcok) yang digelar

    Facebook Fanpage

    Banner

    Statistik Pengunjung
    Pengunjung hari ini : 48
    Total pengunjung : 33300
    Hits hari ini : 425
    Total Hits : 211804
    Pengunjung Online : 3